DIGITALISASI PASAR DAN SUPPORTING UMKM KOTA BIMA MELALUI SUBSIDI ONGKIR POSAJA!

PT Pos Indonesia (Persero) dengan brand barunya yaitu PosAja! adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasakurir, logistik dan jasa keuangan. Mengikuti perkembangan zaman, PosAja! juga turut bertansformasi menuju era Digital dimana keseluruhan pelayanan dapat dilakukan secara online.

POS AJA! dan POSPAY merupakan aplikasi dari hasil transformasi digital yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia dalam rangka mempermudah melakukan transaksi keuangan maupun jasa kurir dan logistik. Kehadiran Pos Aja Bima dimana membawahi 16 Kantor Cabang Pembantu yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu diharapkan memberikan pengiriman layanan paket dan ekspress berupa pengiriman dokumen, paket dan baranag dagangan B2C dengan cakupan seluruh Indonesia, Tarif Kompetitif, Garansi Tepat Waktu, Layanan Prima mulai dari antar jemput, pengemasan dan asuransi kiriman. Tersedia layanan jejak lacak. Pos Aja! meemiliki layanan PosAja Drop Point dengan mendapatkan fee/imbal jasa sebesar 10% dari omzet Bea Dasar selama 1 bulan dan diberikan perbulan.

PT Pos Indonesia (Persero) menyadari masyarakat Indonesia khususnya di Kota Bima saat ini masih mengandalkan adanya Pasar Tradisional sebagai salah satu aspek untuk memenuhi kebutuhan pangan, serta kemudahan akses pasar tradisonal yang tersebar di skala kelurahan. Kondisi eksisting Pasar Tradisonal saat ini sebagian cenderung kotor juga dipenaruhi oleh perilaku penjual maupun pembeli yang kurang memperhatikan kebersihan dan keuangan. Uang kembalian juga juga merupakan sebuah permasalahan tersendiri di pasar tradisional, dimana saat awal buka, para penjual rata2 belum memiliki uang pecahan kecil. Permaslahan ini bisa diatasi dengan Cashless Era Society yang dimiliki oleh PosAja! yang dimaknai sebagai masyarakat nirtunai  dengan tidak menggunakan uang tunai dalam bertranskasi, kemudian terdapat QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard ) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code tujuan memudahkan dan mempercepat proses dan keamananan transaksi, kemudian Pospay merupakan aplikasi layanan keuangan yang dapat diakses secara mobile berupa penyimpanan uang, pembayaran, penarikan uang, transfer secara digital yang memiliki kelebihan yaitu termasuk di dalam jaringan kantor Pos di seluruh Indonesia.

Dengan kehadiran PosAja! bekerja sama dengan UMKM Kota Bima, dengan berbagai kelebihan kemudahan yang diberikan, diharapkan dapat menjadi salah satu fasilitas yang mampu meningkatkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat.